Header Ads

image

Ternyata Kedelai Bermanfaat Untuk Jantung


Ternyata Kedelai Bermanfaat Untuk Jantung

Health - Banyak orang yang meragukan manfaat kacang kedelai untuk meningkatkan kesehatan jantung. Namun, sebuah penelitian memiliki bukti akan klaim ini.


Menurut sebuah studi yang dimuat di Journal of the American Heart Association melakukan 46 percobaan secara terppisah. Dan hasilnya membuktikan bahwa kedelai baik untuk jantung. meskipun begitu ada persyaratan yang harus dipenuhi.


Menurut salah satu penulis John Sievenpiper, profesor ilmu gizi di University of Toronto, Kanada mengatakan bahwa manfaat tersebut tidaklah besar. Angkanya hanya 5 persen dalam kadar kolesterol.

Dalam rilisannya Sievenpiper mengatakan,"Namun, jika anda menyatukannya dengan makanan nabati lainnya, maka anda akan mendapatkan efek yang lebih kuat."


Dalam studi ini, para peneliti melakukan perbandingan kedelai dengan beberapa makanan lainnya, misalnya saja minyak ikan. Meskipun begitu, manfaatnya pun juga tidak bertambah meskipun porsinya ikut ditambahkan.

Menurut ahli diet asal New York, Michelle Milgrim mengatakan, manfaat kedelai bisa didapatkan hanya apabila sudah menjadi bagian dari diet sehat secara keseluruhan.


Ternyata Kedelai Bermanfaat Untuk Jantung

Milgrim menjelaskan, " Tetapi, anda mungkin ingin mempertimbangkan tindakan tambahan untuk mengurangi resiko penyakit jantung seperti olahraga, berhenti merokok, pengurangan stress, mempertahankan berat badan yang sehat dan pemeriksaan rutin ke dokter."


Disisi lainnya, ahli gizi Katrina Hartog mengungkapkan kelemahan temuan ini. Salah satunya adalah fakta dari beberapa penelitian yang membandingkan kedelai dengan berbagai macam makanan alternatif, serta penggunaan tepung kedelai dalam makanan yang bersuhu tinggi yang bisa merusak struktur protein dan keefektifannya.


Hartog mengatakan," Dengan atau tanpa klaim kesehatan, makanan kedelai umumnya baik untuk jantung dan pembuluh darah jika mereka menggantikan pilihan yang kurang sehat seperti daging merah atau makanan dengan protein tinggi lemak."

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.