Header Ads

image

Susah Tidur Usai Terbangun Tengah Malam? Ikuti 6 Tips Ini


Susah Tidur Usai Terbangun Tengah Malam? Ikuti 6 Tips Ini


Health - Sebagian orang ada yang mudah terbangun saat tidur, entah karena mengalami mimpi buruk atau dikarenakana adanya gangguan lainnya. Nah, masalahnya, mereka tidak dapat tidur kembali dan bahkan terpaksa harus bergadang sampai pagi.


Dilansir dari Bustle ditulis Selasa(30/7/2019), dokter yang mendalami masalah tidur, Anil Rama, menyarankan untuk mencari bantuan jika Anda mengalami gangguan tidur lebih dari seminggu.

Mungkin saja, kata Anil, mengalami sleep apnea atau gangguan tungkai periodik yang dapat menyebabkan anda sering terbangun di tengah malam. Selain itu, masalah kelaparan, rasa sakir, kebisingan, suhu dan dehidrasi juga bisa menjadi penyebabnya.

Menurut beberapa ahli membagikan tips yang dapat anda lakukan untuk tidur kembali apabila terbangun tengah malam sebagai berikut : 


1. Meditasi

Anda bisa menggunakan meditasi terpandu yang dirancang untuk tidur. "Meditasi dapat memperlambat gelombang otak anda dan anda dapat memberi diri anda saran atau penegasan untuk kembali tidur, "ujar terapis Margo Regan.


2. Baca sesuatu yang membosankan

Hindari untuk membaca buku yang bikin bersemangat seperti misteri atau thriller. Cerita tersebut bisa malah mengaktifkan otak, tubuh malah akan bertambah sadar jadi bacalah buku yang bisa memperlambat aktivitas otak.

3. pikirkan mimpi yang baru saja terjadi

Mimpi buruk mungkin dapat membangunkan anda di tengah malam, tetapi jika itu bermimpi yang netral atau tidak menakutkan, gunakan itu agar bisa tidur kembali.

Hal tersebut akan sangat membantu untuk mengambarkan mimpi yang mungkin anda ingat saat bangun tidur, Karena hal ini juga membantu Anda untuk kembali ke fungsi otak ketika tidur,"Kata dokter spesialis tidur, jacob Teitelbaum.


4. Latihan bernapas dengan Hidung

"Kebanyakan orang yang terbangun karena saraf simpatis yang terlalu aktif. hal ini terbukti dengan pikiran, napas dan detak jantung yang cepat," jelas Anil.

Untuk menenangkan diri agar kembali tertidur, Anda bisa mengurangi akktivitas sistem saraf simpatik." Anda bisa mencoba untuk bernapas melalui hidung karena membutuhkan lebih sedikit kerja,"Jelas Anil.

Jika anda bangun dengan perasaan cemas, maka cobalah untuk bernapas dalam dalam, keluar-masuk dengan hidung hingga anda merasa tenang.


Susah Tidur Usai Terbangun Tengah Malam? Ikuti 6 Tips Ini

5. Pakai Masker Mata

"Jika anda bangun di tengah malam, jangan nyalakan lampu yang terang,"Jelas Terry Cralle, konsultan tidur. Lakukan lah yang terbaik untuk terkena cahaya agar dapat kembali tidur dengan ama.

Idealnya, lampu malam yang berwarna kuning akan bekerja dengan baik daripada lampu yang terang. Setelah anda kembali ke tempat tidur, kenakan masker tidur sehingga cahaya dari jam digital atau lampu kota melalui jendela akan terhalang.


6. Atasi kekhawatiran anda

"Jika ada kekhawatiran di dalam pikiran anda, bayangkan untuk menempatkan mereka di tempat parkir," kata Margo. Jika secara membayangkan tidak mempan untuk bisa kembali tidur, tuliskan hal hal yang membuat anda stress. Tindakan yang sederhana dengan menulis dapat membantu ppikiran untuk beristirahat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.