Header Ads

image

Benarkah MSG Dapat Menyebabkan Sakit Kepala?


Benarkah MSG Dapat Menyebabkan Sakit Kepala?

Health -  Msg sering sekali dicampurkan ke dalam masakan agar rasanya lebih enak, Namun penggunaan MSG dalam makanan selalu di pertanyakan dampaknya bagi kesehatan tubuh. nah, sebelumnya para ahli saraf menyebutkan MSG menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit kepala, Benarkah demikian?


Untuk menanggapi hal tersebut, Persatuan pabrik Monosodium Glutamate dan Glumatic Acid Indonesia (P2MI) menyebut pernyataan MSG sebagai bahan makanan yang berbahaya dan harus dihindari adalah hal yang tidak benar.


"Berdasarkan fakta - fakta secara ilmiah dan regulasi terkait dengan keamanan pangan, MSG dimasukkan sebagai bahan tambahan pangan yang aman untuk dikonsumsi dengan pemakaian yang secukupnya dan tidak menyebabkan masalah tekanan darah, resiko penyakit dan dampak buruk/berbahaya lainnya bagi kesehatan manusia," jelas P2MI dalam keterangan tertulis


P2MI juga menyebutkan MSG sebagai bahan tambahan pangan yang sudah mendapat izin edar dari BPOM RI yang terbuat dari tetes tebu bukan zat kimia (sintetik) ataupun zat aditif serta melalui proses fermentasi. kandungan yang terdapat di dalam zat MSG ada tiga yaitu asama glutamat 78%, natrium 12% dan air 10%, sebagai zat utama adalah adam glutamat yang merupakan asam amino yang tidak berbeda dengan asam glutamat.

Benarkah MSG Dapat Menyebabkan Sakit Kepala?


Zat ini terkandung dalam makanan alami yang kita konsumsi sehari hari, seperti tomat, susu, keju dan sebagainya. Selain itu, MSG mudah larut dan dapat dimetabolisme dengan baik di dalam tubuh. MSG pun sudah diakui keamananya oleh beberapa badan dunia yang berkompeten dalam bidang makanan, seperti JECFA (Terdiri dari FAO dan WHO), FDA, Kementerian Kesehatan, serta BPOM RI.


P2MI jjuga menjelaskan MSG adalah salah satu bahan tambahan pangan sebagai bahan dasar penguat rasa yang paling aman dan telah mendapatkan izin untuk dikonsumsi berdasarkan peraturan menteri kesehatan No.033 tahun 2012 dengan takaran penggunaan yang sucukupnya.


Fakta yang dibuat ini berdasarkan Headache Classification Committee of the International Headache Society (HIS) tentang the International Classification of Headache Disorders 3rd edition. Bersarkan dari penjelasan poin poin tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa MSG adalah sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan dampak buruk dan bahaya pada kesehatan seperti yang disebutkan diatas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.