Header Ads

image

Apakah Minum Jus Buah Sama Bahayanya Dengan Soda ?


Apakah Minum Jus Buah Sama Bahayanya Dengan Soda ?

Health, Jakarta - Minum jus buah bisa sama buruknya dengan mengonsumsi minuman yang tinggi gula seperti soda dan limun. kandungan gula yang tinggi di dalam minuman tersebut disebut oleh peneliti sebagai biang kerok penyebab masalah kesehatan.


Menurut peneliti asal Amerika Serikat, untuk pertama kalinya, membandingkan efek jus buah murni dengan minuman dengan pemanis tambahan seperti minuman soda dan lemon. hasil studi yang di publikasikan dalam journal of the American Association (JAMA) ini menyebabkan adanya persamaan antara konsumsi jus buah murni dengan minuman manis dalam meningkatkan kematian, walaupun begitu, masih perlu dilakukan penelitian lanjutan yang terkait dengan hal ini.

Dari hasil studi yang menganalisis kebiasaan minum 13.440 orang, selama enam tahun sejak awal penelitian ada 1.000 kematian dan 168 kematian yang disebabkan karena penyakit jantung koroner.


Menurut peneliti yang berasal dari Emory University dan Atlanta University Amerika Serikat seperti yang dikutip dari laman Daily Maily mengatakan, "Studi ini menunjukkan konsumsi tinggi gula, termasuk yang ada di jus buah, terkait dengan meningkatnya angka kematian."


Para peneliti juga menyebutkan bahwa memang jus buah yang mengandung vitamin dan fitonutrien yang dibandingkan dengan minuman bersoda dan limun. Namun, kandungan didalamnya sama sama ada air dan gula.

Apakah Minum Jus Buah Sama Bahayanya Dengan Soda ?

para peneliti juga menjelaskan, "Meskipun gula dalam minuman bersoda itu di tambahkan selama pemrosesan, sementara gula dalam jus buah 100 persen itu alami, akan tetapi tetap saja gula di proses tubuh dengan cara yang sama."


Sehingga minuman yang tinggi akan gula seperti jus mampu meningkatkan obesitas yang memang terbukti bisa meningkatkan resiko aneka penyakit, selain itu, hasil riset juga menunjukkan minuman yang tinggi akan gula akan meningkatkan resistensi insulin.

Jus buah indentik sebagai minuman yang sehat tapi jus buah murni apalagi yang di beri gula tambahan juga bisa buruk untuk tubuh.


Asisten Profesor di bidang nutrisi dan kesehatan University of Reading, Gunter Kuhnle mengatakan, " Jus buah memang mengandung vitamin dan serat, tapi manfaatnya bagi kesehatan hanya sedikit (dibandingkan dengan makan buah langsung), Misalnya kandungan fitokimia dan antioksidan pada minuman yang sudah dijus hanya sedikit."

Minum jus buah itu lebih cepat dibandingkan makan buah secara langsung, Hal ini mungkin yang membuat seseorang jadi mengonsumsi jus buah menjadi lebih banyak.


Gunter mengatakan," Jus buah adalah pengganti yang tidak telalu baik dalam menggantikan konsumsi buah harian, karena jus buah lebih mudah untuk dikonsumsi, misalnya saja begini, 150 ml jus jeruk itu dibuat dari dua buah jeruk, saat dikonsumsi bakal lebih mudah minum jus jeruk dari pada makan dua buah jeruk."

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.