Header Ads

image

Simak Tips Waktu Tidur Bayi Di Malam Hari


Simak Tips Waktu Tidur Bayi Di Malam Hari

Health - Satu hal yang biasa ditemukan oleh orang tua baru adalah kurang tidur. para ortu baru, terutama ibu memang akan lebih sering bergadang karena bayi masih menyusu setiap dua atau tiga jam sekali. Namun ternyata, jam tidur  bayi yang baru lahir pun bisa diatur agar ortu tidak terlalu kelelahan. Yuk Simak penuturan Mommy Ayunda Tan dari Babyologist berikut ini.


Hai Moms, siapa disini yang new Mom seperi aku? pasti banyak new Moms yang suka bergadang malam - malam, kan ? Ya wajar saja, karena bayi masih menyusu setiap 2 sampai 3 jam sekali ya. Tapi kita bisa lho Moms mengatur jam tidur bayi semenjak awal -awal kelahirannya.

Ga sedikit aku dengar teman-temanku yang sudah lebih dulu punya anak dari bulan pertama susah sekali mengatur tidur bayi. Bahkan sampai menginjak usia di atas 3 bulan, mereka masih saja begadang. Untuk aku pribadi, bulan pertama adalah waktu terenak, walaupun setiap 2 jam sekali bangun untuk menyusui, tapi kita bisa memberikannya jadwal.


Gimana sih caranya?

1. Jangan biasakan mengajak bayi bercanda atau mengobrol saat masuk jam tidur.

Sepertinya susah ya Moms, meninggalkan bayi yang sedang mengajak bercanda atau berbicara. Tapi kalau dibiarkan, nanti si dedek bayi akan tidur lebih larut dan tidak bisa membedakan mana jam bermain dan beristirahat. Ga ada salahnya jika Moms pura pura tertidur , agar si bayi tahu kalau ini bukan waktunya untuk bercanda, bermain atau berlatih.


2. Perhatikan jam terakhir menyusui si bayi

Kalau bisa, usahakan jam 9 malam itu terakhir untuk menyusui bayi di malam hari. kenyang atau tidak kenyang, biarkan bayi tahu kalau ini waktunya untuk tidur, kalau lapar dia akan menyusu dengan sendirinya, kalau kenyangpun, dia cuma mengempeng saja. It's works lho, Moms, Yang penting kita bisa menstimulasi sejak dini jam tidurnya.


3. Padamkan lampu saat jam tidur

Disini kita mau menerapkan perbedaan siang dan malam. Perlahan bayi akan mulai untuk menyesuaikan diri, kapan waktu untuk tidur dan juga sebaliknya.

Simak Tips Waktu Tidur Bayi Di Malam Hari

4. Konsisten dalam menerapkan jadwal tidur

Ini yang perlu untuk diperhatikan, Moms, pelan tapi pasti ya, tanpa disadari si bayi akan mulai mengerti pola tidurnya.


5. Bedakan tempat tidur bayi saat tidur siang dan tidur malam.

Seperti menidurkan bayi dikereta dorong saat siang hari dan baru menempatkannya pada tempat tidurnya seperti box atau kasur Moms biasa tidur di malam hari.


6. Atur suhu kamar

Jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu dingin. Buatlah suhu ruangan menjadi senyaman mungkin, biasanya bayi akan tahu kondisi kamar seperti ini dia akan tidur.

Nah, bagaimana Moms, mudahkan? Apakah Moms memiliki cerita lain dibalik mengatur jadwal tidur bayi pada malam hari?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.