Header Ads

image

Mengapa Saat Mengkonsumsi Makan Asam Wajah Mengernyit?


Mengapa Saat Mengkonsumsi Makan Asam Wajah Mengernyit?

Health - Saat mencoba untuk menyantap makanan yang asam, biasanya diikuti dengan mengernyitkan wajah, mengapa bisa begitu ya ?


Menurut para ilmuwan hingga kini belum tahu secara pasti mengapa orang senantiasa mengerutkan wajahnya ketika makan sesuatu yang asam. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena adanya zat proton, vitamin C serta membandingkan dengan buah buahan lainnya yang memiliki rasa asam.


Rasa yang kita kenal sebagai "asam" memiliki hubungan langsung dengan keasaman. Secara kimiawi rasa asam ini karena ada banyak proton di dalam mulut. proton sendiri bukanlah asam namun tubuh kita sendiri yang menafsirkan sifat sifat tersebut sebagai sesuatu yang asam.


Pada suatu studi dalam sebuah jurnal Genetica pada tahun 2011 mengungkapkan, " Kebanyakan makhluk hidup bisa memproduksi vitamin C sendiri. Namun, sekitar 61 juta tahun yang lalu, gen pada mamalia yang mengkodekan sintesis vitamin C bermutasi.

Mengapa Saat Mengkonsumsi Makan Asam Wajah Mengernyit?


"Manusia kehilangan kemampuan untuk membuat vitamin C sendiri karena kami selalu memakannya,"kata Paul Breslin, seorang profesor di Departemen Ilmu Gizi di Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat.


Berarti sesungguhnya manusia menyukai sesuatu yang bercita rasa asam tapi tidak seasam lemon. Didalam apel dan jeruk misalnya, rasa asam dan manis yang bercampur dapat menciptakan citarasa yang lezat dan disukai oleh manusia.


Jadi, mengapa manusia senantiasa mengerutkan wajahnya ketika mengkonsumsi lemon?

Breslin mengatakan, "Wajah seperti itu berarti sebuah respon penolakan. Karena kebanyakan buah tidak superasam sehingga orang jarang menggigit lemon."

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.