Header Ads

image

Segudang Manfaat "Pacar Air" Tidak Hanya Sebagai Tanaman Hias Ternyata Dapat Mengobati Sakit Pinggang Dan Berbagai "Penyakit Ini"!


Segudang Manfaat "Pacar Air"  Tidak Hanya Sebagai Tanaman Hias Ternyata Dapat Mengobati Sakit Pinggang Dan Berbagai "Penyakit Ini"!

Health - Nah pasti kamu sudah mengenal tanaman hias pacar air bukan? Selain di Indonesia tanaman pacar air juga banyak ditemui di negara - negara Asia Selatan dan Tenggara. Dibeberapa negara, tanaman ini digunakan sebagai ramuan obat tradisional.

Tanaman ini memang banyak memberikan banyak manfaat kesehatan dan juga bisa dikonsumsi. Daun dan bijinya bisa dimakan, terutama daun dan tunas mudanya yang bisa di masak, sedangkan bijinya bisa di makan mentah atau matang.

Di Filipina, daun yang dihaluskan dapat digunakan sebagai tapal untuk menyembuhkan bisul.

Di Malaysia, daun pacar air bisa digunakan sebagai perban untuk kuku yang patah dan robek.

Di Cina , bijinya di giling dapat digunakan untuk ramuan bagi orang yang bekerja kerasa seharian.

Di Amerika Serikat, penggunaan gulma permata yang paling umum adalah untuk mengobati ruam.

Di beberapa negara bagian Asia, bunga digunakan sebagai pengganti henna dan pencelupan kuku jari.

Benihnya bisa dijadikan sebagai obat pada pengobatan kanker. Daunnya bisa dimanfaatkab sebagai pengobatan untuk kutil.

Bunganya digunakan untuk mengobati sakit akibat gigitan ular, sakit pinggang dan neuralgia interkostal.

Segudang Manfaat "Pacar Air"  Tidak Hanya Sebagai Tanaman Hias Ternyata Dapat Mengobati Sakit Pinggang Dan Berbagai "Penyakit Ini"!

Akar dan daunnya bisa digunakan untuk benda yang tidak sengaja tertelan, misalnya koin atau logam lainnya, bahkan duri ikan, Pacar air bisa juga digunakan sebagai pewarna yang di dapat dari bunga dan daunnya.

Untuk dapat meredakan memar, peradangan , nyeri sendi, carbuncles, dismenore, sakit pinggang dan gigitan ular, sebenarnya cukup menggunakan bunga keringnya saja. Caranya sangat mudah, hanya cukup dengan mengambil 3 sampai 5 gram biji atau 3 sampai 7 gram dari seluruh bagian tanaman.

Rebus di dalam air sampai mendidih kemudian bisa langsung dikonsumsi begitu dingin. untuk penggunaan eksternal pada bagian memar atau pada bagian yang sakit, cukup dengan menggunakan tanaman yang segar dan digunakan sebagai perban di daerah yang memar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.