Header Ads

image

Teh Atau Kopi Yang Baik Dikonsumsi Untuk Kesehatan ?

Teh Atau Kopi Yang Baik Dikonsumsi Untuk Kesehatan ?

Teh Atau Kopi Yang Baik Dikonsumsi Untuk Kesehatan ?

Health, Jakarta - Teh dan kopi memliki pengemarnya masing - masing. Kedua minuman yang mengandung kafein ini sama sama memiliki manfaat bagi tubuh. Ada sebagian orang yang lebih menyukai untuk mengonsumsi kopi, sementara yang lainnya lebih memilih teh, lalu manakah yang memiliki manfaat yang lebih banyak ?


"Kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit parkison dan diabetes tipe 2, kata ahli diet dari Miami, kimberley Gomer. Kopi disebut juga dapat menurunkan resiko kematian karena berbagai penyebab.


Namun, konsumsi kopi dengan gula dan krim kemungkinan dapat menghilangkan seluruh manfaat tersebut. Disisi lain pun ada teh yang juga memiliki berbagai manfaat , seperti teh hijau dan teh hitam.

Gomer mengatakan, "Teh dan teh hijau memiliki kandungan kafein atau sebaliknya mengandung bahan yang baik untuk kesehatan termasuk dalam menurunkan resiko kanker, penyakit kardiovaskular, osteoporosis dan juga penyakit gusi."


Teh memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat penurunan kognitif, menurunkan resiko stroke dan membantu penurunan berat badan. Hasil penelitian juga  menunjukkan bahwa seorang yang minum teh secara rutin memiliki inflamasi yang lebih rendah. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan yang disebut epigallocetechin gallate (EGCG).

Inflamasi sendiri dikaitkan dengan berbagai kondisi medis mulai artritis hingga penyakit jantung. EGCG juga dapat menurunkan resiko pembentukan plak di otak yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.


Teh menjadi jenis minuman yang lebih baik untuk dikonsumsi kerena satu alasan yaitu kandungan antioksidan dan polifenol. Kopi juga memiliki kandungan tersebut tetapi teh seringkali memilikinya dengan jumlah yang lebih tinggi.

Ahli Kesehatan Will Cole menjelaskan," kopi dan teh memiliki manfaatnya tersendiri tapi semua teh memiliki kandungan anti bakteri, anti inflamasi dan anti virus dikarenakan kandungan antioksidan dan polifenolnya. Selain itu , tiap teh memiliki manfaat unik yang berbeda.

Namun, bila Anda memiliki reaksi sensitif terhadap kaefein, Anda mungkin harus menghindari keduanya.


Kopi memiliki kafein lebih banyak dibandingkan teh yakni sekitar 92 mg per cangkir. Sedangkan kopi hanya 50 mg.

"Kafein mungkin bisa menjadi masalah bagi mereka yang memiliki reaksi senstif seperti menimbulkan tremor, rasa cemas berlebih dan gangguan dalam tidur, kata Ahli Diet Beth Warren.

Jika Anda menyukai keduanya maka itu lebih baik. Penelitian pun menunjukkan orang yang minum kopi dan teh setiap hari dapat menurunkan risiko kematian dibanding orang yang minum kopi secara ekslusif.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.