Header Ads

image

Pola Makanan Sehari Hari Dapat Mempengaruhi Kesuburan Pria


Pola Makanan Sehari Hari Dapat Mempengaruhi Kesuburan Pria

Health - Jakarta, Menurut sebuah penelitian yang dipimpin Edson Borges dari the Fertility - Assisted Fertilization Center, Sao Paolo, Brazil mengemukakan bahwa berdasarkan 250 relawan yang diterapkan terapi intracytoplasmic sperm injection (ICSI) untuk melihat konsentrasi jumlah dan kesehatan sperma, menunjukkan kesuburan pria tergantung pada banyaknya asupan makanan berserat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran perhari dibandingkan memakan daging-dagingan merah.


Hasil dari penemuan ini membawa angin segar bagi spesialis kesuburan wanita di Standford University, berharap hasil penelitian yang di publikasikan di the Fertility and Sterility Journal ini mampu mendorong para pria untuk turut menjaga asupan pola makan dan pola hidup mereka.

Sehingga kesuburan pasangan dalam memiliki anak, tidak hanya bergantung pada kewajiban wanita dalam menjaga kesehatan mereka dalam memproduksi sel telur, tapi juga perlunya pemahaman pria dalam menjaga kesehatan sperma dengan menjaga pola makan dan pola hidup keseharian.


Bahkan tidak jarang berbagai macam hal yang dianggap mampu untuk menonjolkan kejantanan seseorang, seperti merokok, minum alkohol, menunggang kuda, memakai celana jeans ketat, naik motor dengan menggunakan mesin besar dan berbagai macho life style, lainnya malah berbanding terbalik dan berdampak negatif pada kesehatan sperma pria yang otomatis dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria.

Lalu bagaimana agar sperma sehat dan kualitasnya prima? Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menyajikan makanan-makanan yang bisa buat kualitas dan kuantitas sperma jadi lebih baik. Berikut ulasanya yang telah dirangkum  dari berbagai sumber: 


Pola Makanan Sehari Hari Dapat Mempengaruhi Kesuburan Pria

Brokoli 

Kekurangan Vitamin A  merupakan salah satu penyebab umum rendahnya tingkat kesuburan. Kekurangan Vitamin A dalam tubuh juga bisa mempengaruhi kualitas sperma pria. 

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan Vitamin A yang lebih banyak  dibanding sayuran lainnya. Dilansir Boldsky, brokoli juga mengandung asam folat, yang penting untuk meningkatkan kesuburan pria. Dalam sebuah studi baru-baru ini, pria yang mengonsumsi brokoli setiap hari diketahui memiliki jumlah sperma yang meningkat hingga 70 persen.


Gingseng 

Dikutip dari laman Mother and Baby UK, akar afrodisiak ini telah digunakan untuk mengobati ketidaksuburan selama ratusan tahun. Gingseng meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan aliran darah ke organ intim pria. Bahkan beberapa orang mengaku bahwa gingseng  bisa mengatasi disfungsi ereksi. 

Mintalah pasangan Anda untuk minum teh dengan ginseng, atau kenakan akar ginseng kering setiap hari untuk meningkatkan kualitas sperma. 


Cokelat Hitam 

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung asam amino yang telah terbukti bisa melipatgandakan kualitas sperma dan volume air mani. Cokelat juga mengandung antioksidan tinggi juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas, atau molekul kecil jahat yang terdapat dalam polusi dan racun yang terkait dengan infertilitas pria. 

Tapi jangan biarkan suami mengonsumsi terlalu banyak cokelat karena bisa menambah berat badan dan bisa menyebabkan ketidakseimbangan testosteron yang memengaruhi jumlah sperma pria. 

Tiram 

Tidak hanya meningkatkan gairah pria, tiram juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas sperma pria. Tiram adalah salah satu sumber seng terbaik di mana seng diketahui bisa membantu menyehatkan sperma.


Bawang Putih 

Bawang putih berguna untuk motilitas sperma atau kemampuan sperma dalam bergerak dengan tepat mencapai sel telur dalam proses fertilisasi. Nah, bawang putih mengandung alicin yang bisa meningkatkan aliran darah ke organ intim pria dan melindungi sperma dari  kerusakan. 

Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam bawang putih juga menjadi hal lain yang dapat meningkatkan motilitas sperma. Disarankan, pria mengonsumsi satu sampai dua siung bawang putih cukup untuk meningkatkan kualitas spermanya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.